ADDIE merupakan singkatan dari Analysis,
Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations. Menurut
langkah-langkah pengembangan produk. Model ini dapat digunakan untuk berbagai
macam bentuk pengembangan produk seperti model, strategi pembelajaran, metode
pembelajaran, media dan bahan ajar.
Model ADDIE dikembangkan oleh Dick and Carry untuk merancang
sistem pembelajaran (Endang Mulyatiningsih, 2012:5). Menurut
Benny A. Pribadi (2009:125) model pengembangan
ADDIE terdiri atas 5 langkah pokok, yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation.
Tahapan penelitian tersebut adalah sebagai berikut.
1. Analisis
Kegiatan utama pada tahap
ini adalah
menganalisis perlunya pengembangan media/metode pembelajaran baru dan menganalisis
kelayakan dan syarat-syarat pengembangan media pembelajaran baru. Pengembangan media pembelajaran baru diawali oleh
adanya masalah dalam media pembelajaran yang sudah diterapkan. Setelah analisis masalah perlunya
pengembangan media pembelajaran
baru, peneliti juga perlu menganalisis kelayakan dan syarat-syarat pengembangan
media pembelajaran baru tersebut.
2. Design
Kegiatan ini merupakan proses
sistematik yang dimulai dari menetapkan tujuan belajar, merancang skenario atau
kegiatan belajar mengajar, merancang perangkat pembelajaran, merancang materi
pembelajaran dan alat evaluasi hasil belajar. Rancangan media/metode pembelajaran ini masih
bersifat konseptual dan akan mendasari proses pengembangan berikutnya.
3. Development
Development dalam model ADDIE berisi
kegiatan realisasi rancangan produk. Dalam tahap desain, telah disusun kerangka
konseptual media/metode
pembelajaran yang baru. Dalam tahap pengembangan,
kerangka yang masih konseptual tersebut direalisasikan menjadi produk yang siap
diimplementasikan.
4. Implementation
Pada tahap ini diimplementasikan media/metode yang telah dikembangkan pada
situasi yang nyata yaitu di kelas. Selama implementasi, rancangan media/metode yang telah dikembangkan
diterapkan pada kondisi yang sebenarnya. Setelah penerapan, dilakukan evaluasi awal untuk
memberi umpan balik pada penerapan media/metode berikutnya.
5. Evaluation
Evaluasi dilakukan dalam dua bentuk
yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilaksanakan pada akhir setiap
tahap sedangkan
evaluasi sumatif dilakukan setelah kegiatan berakhir secara keseluruhan. Revisi dibuat sesuai dengan hasil
evaluasi atau kebutuhan yang belum dapat dipenuhi oleh media/metode tersebut.
Sumber: Benny
A Pribadi.
2009. Model
Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta:PT. Dian Rakyat
Endang Mulyatiningsih.2012.Modul
kuliah pengembangan Model Pembelajaran UNY
salam kenal.
ReplyDeletesaya tertarik dengan model pengembangan addie,,, saya dulu juga alumni uny angkatan 2007 tapi saya belum punya modul kuliah pengembangan model pembelajaran uny,,, bisakah saya minta soft filenya,,,
terimakasih banyak
slam kenal juga,, sebelumnya mhon maaf baru balas komen saudara, sebenarnya modul pengembangan model pembelajaran UNY tdk ada, khususnya pendidikan matematika krn sy alumni prodi tsb, tapi kalau buku2nya ada banyak di perpustakaan dari berbagai pengarang..
ReplyDeletesaya mau tanya,apakah saudara mengetahui judul buku asli ADDIE dan penulisnya??
ReplyDeleteterimakasih.
salam kenal
Fausan.