Thursday, June 21, 2012

PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING


Cooperative learning adalah suatu pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam metode pengajaran di mana peserta didik bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pembelajaran (Robert E.Slavin, 2005:4). Cooperative learning sering kali digunakan sebagai suatu strategi pembelajaran yang efektif karena mengedepankan kelancaran interaksi antar peserta didik ataupun antara peserta didik dengan pendidik.

a.       Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif mencakup suatu kelompok kecil siswa yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan suatu masalah, menyelesaikan suatu tugas atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama lainnya. Bukanlah pembelajaran kooperatif jika siswa duduk bersama dalam kelompok-kelompok kecil dan mempersilakan salah seorang diantaranya untuk menyelesaikan pekerjaaan seluruh kelompok. Pembelajaran kooperatif menekankan pada kehadiran teman sebaya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah tim dalam menyelesaikan atau membahas sebuah masalah atau tugas.

b.      Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
              i.      Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
             ii.      Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
           iii.      Bilamana mungkin, anggota kelompok barasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda.
           iv.      Penghargaan lebih berorientasi kelompok ketimbang individu.

c.       Tujuan Pembelajaran Kooperatif
              i.      Hasil Belajar Akademik
             ii.      Penerimaan terhadap Perbedaan Individu
           iii.      Pengembangan Ketrampilan Sosial

d.      Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Fase
Kegiatan guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa


Fase 2
Menyajikan informasi


Fase 3
Mengorganisasikan
  siswa ke dalam
  kelompok-kelompok
  belajar


Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar

Fase 5
 Evaluasi



Fase 6
  Memberikan penghargaan
Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar.

Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan.

Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien.


Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka.

Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masingkelompok mampresentasikan hasil belajarnya.

Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu maupun kelompok.

Sumber:                                          
E.Slavin, Robert.2005.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.London:Allymand Bacon.

No comments:

Post a Comment

Penulis mengharapkan komentar, kritik, dan saran agar blog ini semakin baik kedepannya :)