Problem-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip
menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru
(Muslimin Ibrahim, 2002). PBL tidak dirancang untuk membantu guru memberikan
informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa.
Model pembelajaran PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan belajar berbagai peran orang dewasa dengan terlibat dalam pengalaman nyata atau simulasi.
Berikut adalah ciri-ciri
model pembelajaran PBL:Model pembelajaran PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan belajar berbagai peran orang dewasa dengan terlibat dalam pengalaman nyata atau simulasi.
1. Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik
2. Berfokus pada keterkaitan antar disiplin
3. Penyelidikan autentik
4. Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya
Menurut Akhmad Sudrajat, beberapa karakteristik PBL antara lain:
1. Pembelajaran berpusat pada siswa.
2. Pembelajaran terjadi pada kelompok kecil.
3. Guru berperan sebagai tutor dan pembimbing.
4. Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
5. Masalah adalah kenderaan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
6. Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri.
Langkah-langkah PBL:
1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2. Mendiskusikan dan menampilkan masalah nyata
3. Siswa mengidentifikasi apa yang sudah diketahui, informasi apa yang dibutuhkan, dan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan
4. Setiap individu menyelidiki persoalan yang berbeda, mengumpulkan informasi yang lalu dievaluasi oleh kelompok
5. Langkah di atas diulangi kembali sampai siswa merasa permasalahan sudah cukup diselidiki dan siap untuk diselesaikan
6. Tindakan, rekomendasi, penyelesaian, atau hipotesis muncul sebagai hasil belajar
7. Fasilitator (guru) membimbing diskusi kelompok
Sekian Uraian tentang Pembelajaran Problem-Based Learning. Silahkan baca artikel yang lain
Sumber:
Akhmad Sudrajat. 2008. Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/. Diakses tanggal 16 Desember 2010
Muslimin Ibrahim. 2002. Pembelajaran Kontekstual. http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/pembelajaran-kontekstual.ppt. Diakses tanggal 6 Desember 2010.
No comments:
Post a Comment
Penulis mengharapkan komentar, kritik, dan saran agar blog ini semakin baik kedepannya :)