Friday, June 15, 2012

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)

Problem-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru (Muslimin Ibrahim, 2002). PBL tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa.

Model pembelajaran PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan belajar berbagai peran orang dewasa dengan terlibat dalam pengalaman nyata atau simulasi.
Berikut adalah ciri-ciri model pembelajaran PBL:
1.      Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik 
2.      Berfokus pada keterkaitan antar disiplin 
3.      Penyelidikan autentik 
4.      Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya

Menurut Akhmad Sudrajat, beberapa karakteristik PBL antara lain:
1.      Pembelajaran berpusat pada siswa.
2.      Pembelajaran terjadi pada kelompok kecil.
3.      Guru berperan sebagai tutor dan pembimbing.
4.      Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
5.      Masalah adalah kenderaan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
6.      Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri.

Langkah-langkah PBL:
1.         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.         Mendiskusikan dan menampilkan masalah nyata
3.         Siswa mengidentifikasi apa yang sudah diketahui, informasi apa yang dibutuhkan, dan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan
4.         Setiap individu menyelidiki persoalan yang berbeda, mengumpulkan informasi yang lalu dievaluasi oleh kelompok
5.         Langkah di atas diulangi kembali sampai siswa merasa permasalahan sudah cukup diselidiki dan siap untuk diselesaikan
6.         Tindakan, rekomendasi, penyelesaian, atau hipotesis muncul sebagai hasil belajar
7.         Fasilitator (guru) membimbing diskusi kelompok

Sekian Uraian tentang Pembelajaran Problem-Based Learning. Silahkan baca artikel yang lain
Sumber:
Akhmad Sudrajat. 2008. Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/ pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/. Diakses tanggal 16 Desember 2010
Muslimin Ibrahim. 2002. Pembelajaran Kontekstual. http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/pembelajaran-kontekstual.ppt. Diakses tanggal 6 Desember 2010.

No comments:

Post a Comment

Penulis mengharapkan komentar, kritik, dan saran agar blog ini semakin baik kedepannya :)