Thursday, September 24, 2015

Menghitung Luas Jajar Genjang

Pernahkah kalian melihat kue lapis dengan potongan seperti gambar di bawah ini?

Apabila kalian disuruh memilih salah satu dari kue tersebut, pastilah kalian memilih kue yang menurut kalian paling besar. Bagaimanakah cara kalian menentukan mana kue yang lebih besar? Mari kita pelajari!

Untuk menentukan kue mana yang lebih besar maka kita harus membandingkan luasnya. Sekarang pertanyaannya adalah manakah kue yang paling luas? Bagaimana cara mencari luas kue tersebut? Pehatikan dua kue diatas! Dua kue tersebut memiliki panjang dan tinggi yang sama yaitu panjang 6 cm dan tinggi 3 cm.
Untuk kue dengan bentuk persegi panjang tentu mudah untuk mencari luasnya yaitu panjang dikali lebar karena telah dipelajari sebelumnya (Baca artikel tentang luas persegi panjang). Sehingga diperoleh bahwa luas kue pertama yaitu 6 x 3 =18 cm2. Untuk kue kedua yang berbentung jajar genjang luas kue tersebut dapat diperoleh dengan cara berikut:

Oleh karena itu, luas kue dengan bentuk jajar genjang tadi sama dengan luas kue dengan bentuk persegi panjang. Dengan demikian, luas kue kedua adalah 6 x 3 =18 cm2. Kesimpulannya, kedua kue tersebut memiliki luas yang sama.

Luas Jajar Genjang
Secara umum, luas jajar genjang dengan panjang alas a dan tinggi t adalah sebagai berikut:

Contoh soal:
Carilah luas jajar genjang di bawah ini:
Jawab:
Luas jajar genjang dapat dicari dengan mengalikan panjang alas dengan tinggi jajar genjang. Panjang alas jajar genjang di atas yaitu 5 cm. Sedangkan tingginya belum diketahui. Untuk mencari tinggi jajar genjang dapat menggunakan teorema pythagoras pada segitiga berikut:
Oleh karena itu, luas jajar genjang di atas adalah 5 x 4 = 20 cm2.

Sekian artikel tentang luas jajar genjang. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan pada kolom komentar.

No comments:

Post a Comment

Penulis mengharapkan komentar, kritik, dan saran agar blog ini semakin baik kedepannya :)