Thursday, June 14, 2012

SEJARAH MATEMATIKA YUNANI KUNO (THALES SAMPAI EUCLID)(PERKEMBANGAN GEOMETRI)

Masa dari Thales sampai Euclid
Tiga abad yang pertama dari matematika yunani dimulai dengan adanya usaha untuk merintis geometri demonstratif oleh Thales sekitar 600SM dan memuncak dalam karya-karya Euclid yang mengagumkan pada tahun 300SM. Di samping balai pengajaran Ionia yang didirikan Thales di Melitus dan balai pengajaran pengikut Pythagoras yang pertama di Crotona, Sejumlah pusat-pusat matematika lahir dan berkembang di barbagai tempat dalam kurun waktu yang sebagian besar dipengaruhi oleh latar belakang sejarah politik Yunani.

 Euclid                                          Thales

Pada sekitar 1200SM suku primitif Doria berpindah ke arah selatan memasuki semenanjung yunani, meninggalkan daerah-daerah pegunungan utara yang luas untuk menempati daerah yang lebih baik. Suku utama mereka yaitu suku Sparta yang membangun kota Sparta.
sebagian penduduk asli yang diserbu melarikan diri demi keselamatan masing-masing menuju Asia kecil dan kepulauan Ionia di laut Aegea. di sana mereka mendirikan koloni dagang Yunani. Dalam koloni-koloni inilah pada abad keenam SM didirikan balai pengajaran Ionia, filsafat Yunani berkembang dan lahirlah geometri demonstratif.

Pada masa itu Persia telah menjadi kerajaan militer yang besar. sebagai akibat dari renacan ekspansi yang tidak dapat dihindarkan dari sistem ekonomi yang berdasarkan perbudakan, Persia menaklukkan kota0kota Ionia dan koloni-koloni Yunani di Asia kecil pada 546 SM. akibatnya sejumlah ahli filsafat Yunani seperti Pythagoras dan Xenophanes, meninggalkan negeri kelahirannya dan berpindah ke koloni-koloni Yunani yang makmur di Italia selatan. Sekolah-sekolah filsafat dan matematika berkembang di Crotona di bawah Pythagoras, di Elea dibawah Xenophanes, Zeno dan Permenides.

Beban penindasan yang sangat dirasakan oleh kota-kota Ionia yang telah ditaklukkan menimbulkan pemberontakan pada 499 SM. Athena yang menjadi pusat kebudayaan barat dengan kemajuan politik ke arah demokrasi, membantu pemberontakan itu dengan mengirimkan tentara. Meskipun pemberontakan itu dapat dihancurkan, raja Darius dari Persia yang telah dibuat marah mengambil keputusan untuk menghukum Athena. Pada tahun  492SM ia membentuk angkatan darat dan angkatan laut yang besar untuk menyerang daratan Yunani, akan tetapi angkatan lautnya kemudian hancur akibat terkena badai dan angkatan darat mengalami banyak kesulitan dalam perjalanannya. Dua tahun kemudian pasukan Persia memasuki Attica dan mereka dikalahkan secara mutlak oleh orang-orang Athena di Marathon. Athena kini memegang kepemimpinan Yunani.

Pada tahun 480 SM Xerxes putra Darius, berusaha melancarkan serangan melalui darat dan laut terhadap Yunani. Orang-orang Athena menghadapi angkatan laut Persia pada pertempuran laut yang besar di Salamis, dan mendapat kemenangan. Meskipun pasukan darat Yunani dibawah pimpinan sparta dikalahkan dan dihancurkan di Thermopylae (latar belakang ini kemudian di jadikan film dengan judul 300, mungkin temen-temen sudah nonton, klo belum wajib tu!! ^^), dalam tahun berikutnya Yunani berhasil mengalahkan pasukan Persia di Plates dan memaksa mereka meninggalkan Yunani. Hegemoni Athena diperkokoh dan pada setengah abad berikutnya merupakan masa damai yang gemilang dalam sejarah Athena. kota pericles dan Socrates menjadi pusat perkembangan demokrasi dan intelektual. Para ahli matematika datang dari segala penjuru Yunani. Banyak pengikut Pythagoras yang bercerai berai dapat kembali ke Athena, sedangkan Zeno dan Permenides dari balai pengajaran Elea datang ke Athena untuk mengajar. Hippocrates, dari pulau Chios di daerah Ionia, mengunjungi Athena dan oleh penulis-penulis kuno dipandang berjasa karena menerbitkan karya geometri tersusun pertama di sana.

Perdamaian berakhir pada 431 SM dengan dimulainya perang Pelopanesus antara Athena dan Sparta. Hal ini ternyata menjadi konflik yang berkepanjangan. Athena yang semula mendapat kemenangan kemudian diserang wabah besar yang membunuh seperempat jumlah penduduknya. Akhirnya pada tahun 404 SM harus menerima kekalahan dari Sparta. Sparta memegang kepemimpinan politik tetapi melepaskannya kembali pada tahun 371 SM karena kekalahanya menghadapi persekutuan kota-kota yang memberontak. selama permusuhan ini tidak banyak perkembangan di bidang geometri di Athena dan sekali lagi perkembangan datang dari daerah-daerah yang lebih damai di Magna Graecia. Pengikut-pengikut Pythagoras dari Italia di izinkan untuk datang kembali setelah kecenderungan politik mereka dibersihkan, dan sebuah sekolah baru dari pengikut-pengikut Pythagoras lahir di Tarentus di bawah pengaruh Archytas yang berbakat dan banyak dikagumi.

dengan berakhirnya perang peloponnesus, Athena meskipun turun menjadi sebuah kekuatan politik yang kurang berarti, memegang kembali kepemimpinan kebudayaannya, dan balai pengajaran Athena kembali berkembang. Plato di lahirkan di Athena pada tahun berjangkitnya wabah yang besar itu, belajar filsafat di bawah Socrates dan matematika dibawah Theodorus di Cyrena di pantai Afrika. Ia adalah teman akrab dari Archytas dan setelah kembali pada tahun 380 SM, Ia mendirikan akademinya yang termashur di sana. Eudoxus, yang belajar dibawah bimbingan Archytas dan Plato, mendirikan sebuah balai di Cyzius di Asia kecil bagian utara. Menaechmus seorang rekan Plato dan murid Eudoxus menemukan irisan kerucut. Dinostratus saudara dari Menaechmus adalah seorang ahli geometri dan murid Plato. Theaetetus, seorang yang memiliki kepandaian sangat luar biasa dan kita mungkin berhutang budi kepadanya untuk karyanya yang banyak termuat dalam buku kesepuluh dan ketiga belas dari Euclid, adalah murid Theodorus yang berasal dari Yunani. perlu juga disebut nama Aritoteles. meskipun bukan seorang ahli matematika profesional, Ia adalah penyusun sistematik dari logika deduktif dan seorang pengarang tentang masalah fisika. beberapa bagian dari karyanya adalah Analytis Posteriora yang memperlihatkan suatu pengertian yang luar biasa tentang metode matematika.

Demikian uraian tentang sejarah perkembangan matematika pada masa Thales sampai Euclid,
Sumber: The History of Mathematic.2006. FMIPA UNY

Silahkan baca artikel yang lain, ^^  enjoy it

Jangan Lupa Komentar YA ^^

3 comments:

  1. I like this..tetapi kalo bs ditambah lagi perkembangannya hingga non-euclide biar lebih mantap ^_^

    ReplyDelete
  2. thanks,, tiap hari di update ko, non-euclid nanti saya postingkan di artikel lain,,

    ReplyDelete

Penulis mengharapkan komentar, kritik, dan saran agar blog ini semakin baik kedepannya :)